Home > Religius > Menulis Al Qur’an di Word

Menulis Al Qur’an di Word

quran-in-word2Menulis huruf-huruf Al Quran di aplikasi pengolah kata Microsoft Office Wordmungkin bukanlah perkara yang sulit bagi Anda. Apalagi bila sudah terbiasa, namun di sisi lain, bagi yang belum terbiasa, hal tersebut dapat memakan waktu lama dan bisa menjadi penguji kesabaran Anda. Nah, kali ini, Memudahkan akan membahas sebuah add-in untuk Ms Office Word yang bisa membantu Anda dalam menulis Al Quran dengan mudah dan cepat. Quran in Word? Benar sekali.

Quran in Word adalah aplikasi tambahan atau add-in untuk Ms Office Word yang berguna untuk menulis ayat-ayat Al Quran beserta terjemahannya dalam berbagai bahasa (termasuk bahasa Indonesia). Hanya dengan beberapa kali klik, ayat-ayat dari surat Al Quran yang Anda inginkan akan tertulis di lembaran dokumen Word. Menariknya lagi, Anda juga bisa menambahkan terjemahan tiap ayat (atau satu surat secara keseluruhan) dengan mudah dan tanpa memakan waktu yang lama. Add-in Quran in Word yang dikembangkan oleh Mas Mohamad Taufiq ini tentunya sangat berguna bagi Anda yang sering terlibat dalam proses penulisan Al Quran untuk berbagai keperluan (menulis soal-soal ujian Agama Islam misalnya).

Versi terbaru Quran in Word yang dirilis bulan Juli yang lalu ini sudah dapat diinstall pada Ms Office Word 2013. Anda juga dapat memasang Quran in Word versi 2.2 ini pada Word 2003, 2007, dan 2010.

Sebelum menginstallQuran in Word 2.2, pastikan Anda menguninstall terlebih dahulu Quran in Word versi sebelumnya melalui Control Panel >> Add/remove program, kemudian tutup semua aplikasi Office yang sedang berjalan.

Download Quran in Word 2.2 (32 bit) – – – – Mirror (Bila link utama gagal)
Download Quran in Word 2.2 (64 bit) – – – – Mirror (Bila link utama gagal)

Bila Anda gagal menginstall Quran in Word 2.2 di Word 2003 sampai 2010, silakan download dan install update Ms Office berikut (sesuaikan dengan versi Office Anda) sebelum mencoba menginstall Quran in Word kembali.
Office 2003  |  Office 2007  |  Office 2010

Cara menggunakan

Langkah 1 Membuka Quran in Word
Setelah terinstall, silakan buka Ms Office Word Anda, tuju tab ADD-INS >> Al-Quran, untuk membuka Quran in Word (klik gambar untuk zoom).

quran-in-word3

 

Langkah 2 Setting Quran in Word
Selanjutnya, tuju bagian Setting (Lihat Langkah 1) untuk melakukan pengaturan ukuran font (arab dan terjemahan) dan jenis font (terjemahan saja), dan juga bahasa terjemahan default (Default Translation).

quran-in-word-setting

  • Cek Translation untuk menulis terjemahan ayat atau surat yang diinginkan
  • Pilih surat di bagian Surah
  • Pilih ayat di bagian Ayat
  • Cek New Line bila Anda ingin ayat dan terjemahan yang Anda pilih ditulis per baris (ganti baris tiap ayat)
  • Cek Verse Address bila Anda ingin menampilkan nama surat dan ayat
  • Cek Switch untuk menampilkan terjemahan langsung berada di bawah masing-masing ayat
  • Cek bahasa yang diinginkan. Bila Anda sudah melakukan pengaturan di bagian Setting (Langkah 2), Anda tidak perlu lagi memilih bahasa terjemahan, kecuali bila ingin mengubah atau menambah bahasa terjemahan.
  • Cek Page No dan pilih halaman yang diinginkan untuk menampilkan satu halaman Al Quran.
  • Klik OK untuk mulai menulis Al Quran dan terjemahannya secara otomatis.

Langkah 4 Browse Al-Quran

Bila Anda ingin membaca ayat-ayat Al Quran beserta terjemahannya sebelum menuliskannya di lembaran dokumen Word, pilih Browse Al-Quran pada menu Al-Quran di bagian ADD-INS (lihat Langkah 1).

Untuk mulai menuliskan Al Quran, silakan gunakan pilihan pada menu Get,

  • Pilih Arabic untuk menulis ayat dalam huruf Arab saja
  • Pilih Translation untuk menulis terjemahan ayat saja
  • Pilih With Option untuk menggunakan opsi-opsi seperti pada Langkah 3

 

Langkah 5 Search Al-Quran

Selain memilih surat dan ayat secara manual seperti pada Langkah 3 dan 4, Anda bisa melakukan pencarian ayat Al Quran maupun terjemahannya (Lihat Langkah 1 untuk membuka jendela Seach Al-Quran). Klik ikon keyboard di samping tombolSearch untuk memudahkan Anda menulis huruf Arab.

search-quran

Setelah menemukan ayat yang dicari, Anda dapat menuliskan ayat tersebut melalui menu Get seperti yang sudah dibahas pada Langkah 4.

fatihah

Meski berukuran kecil dan hanya berupa add-in, Quran in Word ternyata sangat berguna bagi Anda yang sering bersinggungan dengan ayat-ayat Al Quran dan Ms Office Word. Selain mudah dan cepat, Quran in Word bisa dikatakan lebih praktis digunakan dalam penulisan ayat-ayat Al Quran dan juga terjemahannya bila dibandingkan dengan mengetik secara manual.

source : http://memudahkan.blogspot.com/

 

Categories: Religius
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: