Home > Tutorial, Uncategorized > bikin DNS di windows

bikin DNS di windows

Setelah hampir 5 bulan kemarin make crack²an simple DNS plus akhirnya ketahuan juga sama si empu nya, serial numbernya di block!! he he apes deh.. warnet yang biasa kenceng jadi makin lemot dan client juga jadi males..

Akhirnya browsing² bentar nyari DNS yang free buat windows ketemu juga BIND 9.5 lumayanlan daripada dns speedy yang amburadul dan lemotnya naijubile akhirnya aku nyoba² install ini program dan hasilnya…… eng ing eng……. jrengggg.. ternyata lumayan cepet tapi tetep aja lemot he he

Buat yang mau install bisa download aja langsung dari SINI abis tu extract dah filenya, trus run deh BINDinstall.exe

ntar keluarnya kek gini neh he he wow keren :P

Dah abis itu siapin dah konfigurasinya

1. buat file named.conf isinya kayak gini:

options {
directory “C:\named\etc”;
allow-transfer { none; };
recursion yes;
allow-recursion {192.168.1.0/24;};
};

zone “.” IN {
type hint;
file “db.root.hint.txt”;
};

zone “localhost” IN {
type master;
file “master.localhost”;
allow-update { none; };
};

zone “0.0.127.in-addr.arpa” IN {
type master;
file “localhost.rev”;
allow-update { none; };
};

Dah? karena biasanya suka error format tulisan copy paste dari web nih aku kasiin filenya tinggal donlot aja (baik ya….. emangnya three doang yang baik?)

2. Buat file master.localhost isinya kayak gini:

;
; loopback/localhost zone file
;
$TTL 1D
$ORIGIN localhost.
@ IN SOA @ root (
1 ; Serial
8H ; Refresh
15M ; Retry
1W ; Expire
1D) ; Minimum TTL
IN NS @
IN A 127.0.0.1

Download langsung filenya

3. Buat file localhost.rev isinya kayak gini:

;
; reverse pointers for localhost
;
$TTL 1D
$ORIGIN 0.0.127.in-addr.arpa.
@ IN SOA localhost. root.localhost. (
1 ; serial
8H ; refresh
15M ; retry
1W ; expire
1D ) ; minimum
IN NS localhost.
1 IN PTR localhost.

download langsung filenya

Dah selesai sekarang ni file semuanya copy-in ke dalam folder etc lanjutttttttt…

sekarang buka command prompt dari start – run – cmd (tolong pathnya disesuaikan sendiri karena saya install-nya di c:\named) ketik:

c:\named\bin\dig NS . @m.root-servers.net > C:\named\etc\db.root.hint.txt

Dah? tarikkkkk manggg…. lagi nih sekarang kita buat RDNC key, seperti biasa dari command prompt ketik:

rndc-confgen -a

terus

rndc-confgen > c:\named\etc\rndc.conf (sekali lagi tolong sesuaikan path sendiri)

OK sekarang kita main copy paste aja, buka file rndc.conf copy mulai dari tulisan:

# Use with the following in named.conf, adjusting the allow list as needed:

Sampai paling bawah, lalu buka file named.conf paste di baris paling bawah, jangan lupa char # di hilangin ya.. ok selesai lanjut……

start – run – tulis “services.msc” cari service yang bernama “ISC Bind” trus di start deh servicenya.. nah biasanya disini nih banyak yang susah karena kalau salah config pasti dia nggak bisa start, coba diperhatikan dari “event viewer” disitu kita bisa tau dimana letak kesalahannya seandainya service nggak mau start.

yang terakhir setting DNS di komputer kamu, ganti tuh DNS yang lemot² buang aja semua he he ganti ama no IP computer yang kamu installin BIND.

Selesai, untuk ngetes kalau dah bener bisa di coba seperti gambar di bawah ini

Selamat mencoba :D

source : id.istanto.net

Categories: Tutorial, Uncategorized
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: