Home > software, Tutorial, Uncategorized > Peralatan dan Software Kecil Untuk Seorang Teknisi

Peralatan dan Software Kecil Untuk Seorang Teknisi

nach sekarang aku coba berbagi pengalaman mengenai kebutuhan tools atau Software kecil yang biasa digunakan oleh seorang teknisi atau administrator, maksudnya biar seorang teknisi atau administrator lebih mudah dalam hal pengelolaan dan maintenance sistem dan infrastruktur yang dibuatnya. apalagi klo teknisinya sendirian atau beberapa orang untuk menangani banyak PC, seperti yang saya rasakan saat ini.

Seperti yang kita ketahui yang namanya teknisi memang bisa dikatakan tanggung jawabnya besar, dan pekerjaannya pun gampang-gampang susah bener gak? (he..he.. tapi itu menurut aku sech :D ) yang jelas pekerjaannya disamping menangani user juga menangani masalah infrastruktur jaringan, internet, masalah hardware, peng-install-an dan lain-lain, pokonya segala hal yang berhubungan dengan komputer. nach untuk menangan hal semacam ini kita seorang teknisi harus rajin-rajin mencari tools yang dapat mempermudah pekerjaannya, banyak sekali tools gratis dan berbayar di internet, tinggal kitanya aja, lebih enaknya menggunakan yang mana.

Diantara banyak tools yang selalu aku gunakan adalah sebagai berikut :

-Software Norton Ghost, Nach norton ghost ini berguna untuk proses backup atau bisa juga untuk kloning sistem operasi, klo aku gunain Norton ghost ini untuk kloning sistem operasi, jadi kita gak perlu install tiap komputer,misal jika komputernya spesifikasi hardware semua sama, kita cukup install satu komputer beserta program aplikasi dan drivernya untuk dijadikan master dan selanjutnya kita gunain Ghost, dan bisa juga kita buat image master sistem operasi tersebut untuk cadangan di kemudian hari kemudian simpan di DVD. Cara lain juga ada dengan menggunakan perintah XCopy di windows, tapi klo aku sarankan pake ghost aja,

-Tools Untuk Kebutuhan Remote biasanya aku selalu menggunakan Real VNC, Netop Server, NetOp School, Project Hwo Is, Hamachi, dan lain-lain, Seperti Real VNC dan NetOp Server, selalu aku gunakan dalam hal remote desktop nach ini sangat memudahkan kita, salah satunya dalam hal peng-install-an, karena kita tidak perlu mondar-mandir ke setiap komputer cukup dengan VNC ini kita dapat meremote komputer desktop lewat jaringan di komputer kita sendiri, Netop School, nach klo software ini aku gunain untuk para dosen agar memudahkan dalam hal penyampaian materi, Project hwo is, klo tools ini berguna untul filter IP Address, kemudian Hamachi, nach klo tool ini untuk memperoleh virtual IP, jika kita ingin meremote desktop komputer yang ada dikantor agar dapat dikendalikan di komputer rumah kita melalui jaringan internet, tools ini kebetulan banyak gratis lagi dan ini memang sangat membantu aku karena server yang ada ditempat kerja selalu On Time 24 jam, dan klo aku gak masuk kerja aku bisa mengendalikannya di rumah.

– Tools Untuk Administrator Web, Mail, dan Server Hosting, biasanya aku selalu menggunakan Putty, Windows Comannder, untuk akses ftp dan ssh, sedngkan MySQL Front aku gunain untuk pengelolaan dan manipulasi database MySQL yang ada di server hosting. Sedangkan klo untuk pengelolaan e-mail Client aku selalu menggunakan Mozilla Thunderbird di Linux atau Outlook di Windows, atau bisa menggunakan Lotus Notes , biar user tidak perlu mengakses webmail, disamping itu akan menghemat biaya bandwith dan proses pengecekan e-mail pun terjadwal.

– Software anti virus, nach ini seorang teknisi harus memperhatikan namanya sofware anti virus, klo aku menggunakan Norman (kebetulan aku dulu bawa sewaktu kerja Di Jakarta Berlisensi he…he…), baik untuk server atau client, dan proses updatenya pun cukup dilakukan dikomputer server dan update client otomatis ke server, tapi klo khusus yang client kadang aku gunain yang gratisan seperti AVG ini juga cukup ampuh menangani virus.

Sedangkan klo peralatannya ini musti ada dan harus jika kita menjadi Seorang Teknisi Diantaranya.

-Crimping Tools, Cable Tester, nach ini untuk pekerjaan cabling atau instalasi kabel jaringan.

-Peralatan elektronika seperti avometer, solder, timah, Obeng, Tang dan lain-lain, nach ini berguna jika ada hardware yang rusak, dan bisa kita tangani sendiri contohnya monitor rusak, klo aku biasanya benerin sendiri beda klo teknisi di perusahaan biasanya langsung ganti baru….(Maybe :D )

-Selalu menyediakan Suku Cadang, teknisi juga harus mempunyai suku cadang seperti kabel UTP, Lan Card, VGA, Memori, Hardisk, Switch/Hub, Monitor, Print dan lain-lain, ini perlu sekali jika suatu hari ada salah satu hardware yang rusak kita punya cadangan, dan ini perlu dianggarkan demi kelancaran lalu lintas seorang teknisi :D .

Nach uraian tersebut diatas diantaranya yang selalu aku gunakan mungkin setiap teknisi berbeda itu tergantung dari kebutuhannya dan pengalamannya masing-masing. Mudah-mudahan bermanfaat Bro :D

source : dedekurniadi.web.id

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: