Home > software, Tutorial > Install Windows Di Virtual PC/Box

Install Windows Di Virtual PC/Box

Ok… melanjutkan apa yang mesti saya lanjutkan, hammer eeh maksud saya melanjutkan postingan saya kemaren tentang membuat Windows XP paling update di sini. Maka hari ini saya mau posting tentang cara install windows yang telah kita buat tersebut dengan menggunakan Virtual PC atau lebih tepatnya dengan menggunakan software virtual box keluaran dari http://www.virtualbox.org/ yang tentu saja gratis. hohohoho

Ada sih produk dari mikocok yaitu Virtual PC, cuman rasanya kok kurang sip aja dibanding sama virtual box. Silahken nanti dibandingkan mana yang paling cocok dengan sampeyan. Untuk sementara ini saya lebih suka dengan virtual box. satu_jempol

Untuk versi bayar ada juga, produk dari http://www.vmware.com/, tapi ane belum coba, ini lagi proses download produk bajakannya. diam hammer Nanti klo dah sukses dan sudah berhasil saya coba akan saya share di sini. salaman

Lanjuttttt……

Tahap Persiapan

  1. Download software virtual box-nya, cari aja versi terbarunya, kalo dalam contoh ini versi 3.2.8. Oiya ini link downloadnya: http://www.virtualbox.org/wiki/Downloads
  2. Setelah di download silahken di install. Install aja seperti biasa.
  3. Setelah di install, yups selamat sekarang anda sudah punya virtual box yang bisa membuat windows di dalam windows, atau linux di dalam windows, atau windows di dalam linux, dll deh pokoknya. weee

Tahap Persiapan Bagian 2

  1. Siapkan windows yang pengen di install, kalo mau install windows paling update silahken liat cara bikinnya di postingan saya yang ini : https://utamaandri.wordpress.com/2010/08/27/membuat-installer-windows-xp-paling-update/#more-409
  2. Kalo sudah bikin windowsnya, sekarang silahken file .iso (hasil bikin windows tadi) di mount image pake daemon tools, atau pake software virtual CD/DVD lainnya. (kalo saya pake daemon tools.
  3. Kalo sudah sekarang masuk ke tahap selanjutnya.

Tahap Penyettingan Virtual Box

  1. Buka aplikasinya (kan tadi udah di install kan?)
  2. Terus tekan tombol NEW, ntar muncul kotak dialognya. Pilih next aja, pada pilihan VM Name dan OS Type isi:
    Name = Terserah sampeyan
    OS Type = Nah di sini silahken pilih, mau diinstall apa, karena dalam contoh ini saya mau install win XP maka pada pilihan Operating System pilih Microsoft Windows, terus pada version pilih Windows XP. Lalu pilih Next
  3. Memory= Isi sesuai kebutuhan, tapi tidak boleh lebih dari memory asli-nya. Berhubung punya saya 2 GB dan share buat VGA 256, maka tersisa sekitar 1,7 GB aja lagi. Nah kalo punya saya, saya setting sekitar 700 MB aja.
  4. Virtual Hardisk = Pilih aja create new hardisk terus pilih Next . Nah pada bagian hardisk storage type, pilih dynamically expanding storage (terserah aja mau pilih yang fixed atau yang dinamik, bedanya kalo fixed yaa fixed, kalo kita setting storage 10 GB, yaa langsung dibikinkan 10GB, kalo yang dinamik, kita setting 10GB, ntar dia bikin maksimal 10 tapi tidak langsung, maksudnya gini setiap ada penambahan dihardisk virtual tadi dia menyesuaikan, jadi nantinya ada pas kita liat disettingan ada actual size-nya. Nah actual size itulah jumlah size yang kita pakai sebenernya) Kira-kira kaya gitu, aduuh bingung saya jelasinnya. blur
  5. Finish….

Nah itu baru selesai bikin virtual machine-nya. Eiittsss tenang masih ada yang disetting lagi, biar bisa jalan sesuai keinginan.

  1. Tekan tombol setting, ntar muncul kotak dialog.
  2. Nah coba cari dibagian storage (bagian kiri kotak dialog), coba liat disebelah kanan ada kan. Gambar CD gitu? Nah ntuh tulisannya apa? Empty? Kalo iya, sekarang setting biar CD/DVD device-nya membaca virtual CD/DVD yang kita bikin pake daemon tools tadi. Cara nyetting-nya: Klik di gambar CD yang ada tulisan empty tadi, terus dibagian CD/DVD Device pilih host drive (apa drive-nya cari aja di my computer), kalo dalam kasus saya daemon tools-nya bikin drive baru di Drive J, tinggal sesuaikan aja dengan PC/Laptop sampeyan. Kalo sudah tekan Ok.
  3. Begitu pula dengan USB, nah klo ini ntar aja saya bahas-nya. salaman Aah sekarang aja deh ntar lupa lagi. Intinya kalo sampeyan memasukkan ntuh, ntar di PC/Laptop kita akan muncul install driver untuk bridge, bla…bla..bla… gak ngerti saya. Pokoknya kalo sudah diattach, ntar muncul sendiri pilihan install driver di PC/Laptop yang terinstall OS utama kita. Itu pilih next-next aja, ntar selesai sendiri kok. Kalo saya sih biasanya nyetting ntuh kalo sudah selesai install windowsnya.
  4. Begitu pula dengan shared folder. weee Pokoknya coba-coba sendiri aja ya… pisss

Terakhir Tahap Install Windows….

  1. Pada bagian-bagian awal tadi rasanya sudah kan kita bahas tentang meng-amount file installer windows yang dalam bentuk ISO? Kalo sudah langsung aja tancap, kalo belum silahken di amount dulu, terus setting lagi pada bagian storage-nya agar CD/DVD device yang ada installer windows-nya terbaca.
  2. Kalo sudah silahken tekan tombol Start, dan silahken install windows seperti biasanya.
  3. Hasil-nya??? Yaa seperti biasa… Ini hasilnya, barusan tadi saya coba install windows baru

Hmmm… apa lagi ya? Oiya nanti klo mengeluarkan mouse-nya (maksudnya biar mouse yang aktif di dalam virtual box, mau dikelurin/gak aktif/dan aktifnya di OS utama) silahken tekan tombol Ctrl yang ada di keyboard, tapi Ctrl yang disebelah kanan. Biasanya kan di keyboard ada dua buah Ctrl, nah untuk keluar tekan Ctrl yang disebelah kanan. Hehehehe

Dah itu aja dulu, ntar kalo ada pertanyaan, kita diskusikan lagi. Semoga saja postingan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin doa

Categories: software, Tutorial
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

