Home > software, Tutorial > Cara Menggunakan Norton Ghost

Cara Menggunakan Norton Ghost

Dulu kan saya pernah posting tentang software Norton Ghost baik yang versi 15 http://utamaandri.wordpress.com/2010/08/27/norton-ghost-15-0-with-recovery-disk-free/

Nah untuk download software bisa langsung menuju ke TKP seperti yang saya sebutkan di atas. Sekarang saya pengen posting tentang bagaimana cara menggunakan software tersebut. ngacir

Oke, sebelum mulai mari minum dolo, biar gak haus….
bersulang

————-
Kalo sampeyan dah download dengan link yang ada di TKP di atas (dalam hal ini adalah norton ghost versi 15), otomatis nanti (setelah diekstrak) dapet 3 folder + 1 file txt.

Berikut tata caranya:

  1. Yakinkan diri anda bahwasanya windows yang akan dibackup adalah windows yang masih segar bugar, masih tidak terjangkit virus, dan intinya performa-nya sangat bagus.

    Kalo saya ditanya kapan saya install windows yang punya performa bagus? Yang biasa saya lakukan adalah seperti ini:

    Install fresh windows, driver, office, tuneup utilities 2010 (tentu saja di tuneup dulu), track eraser pro, jet audio, winrar. Selesai itu kemudian drive C-nya saya defrag. Baru saya backup. salaman

  2. Matikan koneksi inet
  3. Install norton ghost (cari di foder Application)
  4. Restart, kemudian akan minta serial number masukkan serial number-nya (cari di folder Activation) bisa pake keymaker, bisa juga pake serial yg udah di sediakan.
  5. Setelah di install, naah disini sampeyan pilih aja yang one time backup (pada tab task), kemudian backup aja drive C-nya. Ntar pilihannya next-next doang kok. hohohoho Jangan lupa juga cari tempat file backup-nya ditaro, bisa ditempat selain drive C, itu diingat-ingat ya bro letaknya. Next lagi, ntar jangan lupa centang pilihan verify recovery point after creation. Yaa udah next aja lagi…. Gampang kan pisss
  6. Selesai…… backup udah dibikin….. Sekarang lanjutkan aktivitas untuk menginstall software-software penting laennya.

——————————–
Lalu bagaimana jika ingin merecovery-nya?????

  1. Coba buka folder Recovery Disk, ada file yang namanya NGH150_AllWin_English.iso kan? Nah file itu silahkan di burning dulu, burningnya burning image ya, jangan burning biasa ntar gak bisa bootable. Kalo di Nero cari aja “Burn Image To Disc”, pake itu nge-burningnya. Pilih aja kecepatan yang paling rendah. (saran saya sebaiknya file ini diburning secepatnya sebelum windows kita rusak dan simpan CD-nya baik-baik karena suatu saat pasti kita membutuhkannya)
  2. Sip kalo CD recovery-nya udah jebres bin rebes bin beres, sekarang restart PC/Laptop (jika masih bisa masuk windows lo), masuk BIOS (biasa klo di laptop tekan F2, kalo di PC tekan Delete), terus setting first boot-nya adalah CD/DVD. Tekan F10 untuk keluar sekalian nge-save (eeh jangan lupa yaa CD recovernya dimasukkan ke dalam CD/DVD room)
  3. Ok, tunggu aja bentar, ntar tampilan dia mirip-mirip windows vista, hehehe yaa udah ntar pilih aja recovery. Trus pilih drive yang akan direcovery (tentu saja dalam hal ini adalah drive C), trus cari file backup-an yang tadi sudah dibikin. Yaa udah tinggal next-next aja (jangan lupa centang verify… bla… bla… (lupa saya) terus juga centang pilihan reboot after finish). hohohoho Tunggu bentar, paling lama juga 5 menit lebih dikit, ntar dia restart sendiri….
  4. Taarrraaaa….. windows anda sudah kembali seperti dulu kala satu_jempol

Oke… demikian sedikit tutorial penggunaan norton ghost yang sedikit ngaco, wkwkwkwkwkw Semoga dapat menjadi pencerahan bersama. salaman

About these ads
Categories: software, Tutorial
  1. rifki
    February 14, 2011 at 2:05 am

    Bro, sy sdh backup data ke drive E, trus untuk membuat recovery disk folderx ada dimana?,sy ada cr yg berformat ISO tp gak ketemu yg ada cuma yg tulisan image file dgn ukuran sktr 5 MB lebih.
    Apakah file itu yg di burning?, nah kalo diburning ke DVD gak muat ,apakah bisa menggunakan symantec recovery CD.
    Mohon penjelasan… terima kasih

    • February 14, 2011 at 1:05 pm

      @rifki : 1. burning ke DVD di fasilitas Nero ada kok..
      2. foldernya ada di tempat anda membackup data. File *.ISO dan *.img setau saya sih sama. (CMIIW) sama2 file image

  2. March 4, 2011 at 10:05 am

    bkanya ghost tuch bkannya dengan hirent ya mas..???
    trus gmna cranya lo gag pkek hirent…

  3. March 7, 2011 at 8:12 am

    @anggar : Ghost juga ada yg satu paket di dalam Hiren Boot….. Memang, untuk ke mudahan lebih mudah memakai yg pakai bawaan Hiren boot. tulisan saya ini alternatif lainnya…

  4. eben
    March 19, 2011 at 8:47 am

    sob,gw masa instalan norton ghost gw ngaco..
    yang keluar mlah dos…
    gmna ya cara ngembaliin kesemula?
    thanx

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: