Home > Tutorial, Uncategorized > Cara Bikin Multiboot OS di FlashDisk

Cara Bikin Multiboot OS di FlashDisk

Sebelumnya harap diingat, bahwa anda harus punya perangkat USB flash 8GB-16GB untuk dapat mendukung setiap ISO bootable yang tercantum dalam menu Grub. Di tutorial ini ada perbaruan dan penambahan lebih Bootable ISO file ke dalam daftar karena mereka telah teruji sebelumnya MultiBoot Grub Menu – ISO files that can be Booted from USB

USB multiboot Menu (Cukup pilih satu file ISO untuk boot dari USB)

MultiBootISOs Karya-karya memanfaatkan Bootloader syslinux chainloaded untuk GRUB4DOS. Pada Startup, menu Boot berikut ini disajikan.

MultiBoot Grub Menu - ISO files that can be Booted from USB

Catatan: Agan harus menambahkan secara manual File-file ISO ke Flash Drive.

Dasar-dasar untuk membuat ISO Multi Boot USB Flash Drive :

  • Flash disk berformat FAT32
  • PC yang dapat boot dari USB
  • Windows XP/Vista/7 untuk membuat USB Bootable
  • MultiBootISOs.exe
  • ISO yang uda agan pilih

Official Distribution Sites and corresponding download links are listed.

Cara Boot Multiple file ISO dari USB

Download MultiBootISOs

1. Jalankan * MultiBootISOs-v1.5.4.exe dan ikuti petunjuk yang tampil di layar
2. Download beberapa file ISO (yang tercantum di atas) dan taro di USB Drive
3. Restart PC agan dan setting untuk boot dari perangkat USB
4. Pilih ISO yang ingin agan Boot dari Menu dan have fun !

* Untuk Hard Drive eksternal dan USB Flash Drives besar yang berformat NTFS dan FAT32, agan dapat mencoba di eksperimen dari sumber experimental-multibootISOs-v1.5.4.exe

Jika Menu Boot tidak muncul seperti pada gambar, perangkat USB Agan mungkin tidak memiliki MBR. Agan dapat menggunakan Install-MBR-to-FlashDrive tutorial untuk memperbaiki masalah ini.

NB: Agan bisa boot Ubuntu dan remix berbasis Ubuntu dengan cepat dengan hanya menggunakan Casper-RW Creator untuk membuat file Casper-RW pada perangkat USB Agan. Hanya satu Distro ini yang bisa menggunakan Casper-RW.

Jika Agan tidak memiliki floopy drive dan mengalami fd0 error saat boot, tambahkan floppy.allowed_drive_mask = 0 sampai baris kernel ke entri menu.

Untuk me-load Ophkrack table ketika boot dengan cara ini, folder tabel perlu ada pada root USB. Contoh E:tablesl\vista_free. Download Tables dari situs resmi dan unzip ke USB.

Boots Error : Ketika mencoba menjalankan ISO dari USB, bial agan mengalami error Boot yang mengatakan:

” Error 60: File for drive emulation must be in one contiguous disk area “

Agan harus men-defrag ISO agan dengan menggunakan salah satu dari tools berikut:

contig Command line tool to defragment ISO files.

wincontig GUI tool to defragment ISO files.

Untuk informasi mengenai bagaimana untuk mencoba ISO lain, lihat “CDROM emulation (virtualization) section” di file README_GRUB4DOS.txt resmi. Sebagai tambahan, berikut ini Here is another good third party guide yang menjelaskan bagaimana segala sesuatunya bisa bekerja dengan baik.

sumber : http://www.pendrivelinux.com/boot-multiple-iso-from-usb-multiboot-usb/

About these ads
Categories: Tutorial, Uncategorized
  1. October 4, 2010 at 6:51 pm

    ini nih artikel yang lagi gw cari….

    tapi, gw bingung.. tuh program banyak banget sampe ada rescue disk sama ubuntu ubuntuan mesti di donlot ato opsional aja??

  2. yudi
    December 18, 2010 at 10:57 am

    gan ne file iso buat win7 na mna gan???
    tolong krimin dong gan…
    makasih…. :D

  3. April 25, 2011 at 9:01 pm

    rekomendasi linux buat newbie yang mana gan?? :(

  4. irianto
    July 29, 2011 at 1:48 pm

    busyeet bingung deh aqu nya,
    aq pakai win XP , tolong saranya yang simple-simple aja
    wassalam ww

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: